Selasa, 01 Maret 2011

Resep radang tenggorokan dari kekasihku

Hari ini awal maret, aku sedang terserang penyakit yang sudah 3 bulan yang lalu tidak menyambangi tubuhku..
Penyakit radang tenggorokan..

Radang kali ini bukan karena aku kebanyakan makan gorengan, tetapi mungkin karena aku minum-minuman yang sudah terlalu lama, sehingga sifat sensitif tubuhku merasa tersinggung..

Hal ini menyebabkan aku ingin tahu sebenarnya, apa sih radang tenggorokan itu secara ilmu kedokterannya, apa penyebabnya dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya..

berdasarkan hasil browsing, saya menyimpulkan bahwa :
Radang tenggorokan adalah suatu keadaan dimana dinding tenggorokan menebal atau bengkak, berwarna lebih merah, ada bintik-bintik putih dan terasa sakit bila menelan makanan.

Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh virus 80% dapat mengakibatkan demam, alergi dan bakteri streptokokus.

Gejalanya dapat berupa rasa sakit di bagian tersebut, susah menelan, susah bernapas, batuk, dan demam. Infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan, lanjutnya, bisa bersumber dari 3 hal, yakni kesehatan mulut dan gigi, amandel sebagai sumber infeksi, dan sinusitis. Kurang menjaga kebersihan bagian mulut, khususnya gigi, dapat menyebabkan radang tenggorokan.

Dari data yang saya peroleh dari internet, maka saya yakin bahwa radang tenggorokan yang saya alami saat ini adalah karena alergi debu yang terdapat pada air minum yang saya minum (air minum yang lama)..sebab jika dilihat dari kebersihan gigi, mulut saya bersih dan apalagi sebelumnya saya kontrol ke dokter gigi.. jadi InsyaAllah bersih..

Alergi yang biasanya saya alami dapat disebabkan bermacam hal, seperti makanan dan minuman, cuaca dingin, dan debu. Jika dipikir-pikir memang tubuh saya tergolong tubuh yang sangat sensitif terhadap yang namanya debu, jika terkena kotor sedikit bisa-bisa pilek, flu atau radang tenggorokan.. tetapi alhamdulillah selain itu saya tidak memiliki riwayat penyakit seperti asma atau lainnya..

Untuk mengatasi radang tenggorokan biasanya saya melakukan hal-hal sederhana dan tanpa obat sama sekali. sebab saya paling tidak bisa minum obat.. saya minum sebanyak-banyaknya air putih, hangat atau teh pahit.. tetapi efeknya saya sama sekali tidak bisa tidur karena harus mondar-mandir kamar tidur dan wc selama semalam suntuk, seperti tadi malam..

Selain itu, saya memiliki cara yang paling ampuh sekarang cara yang sering digunakan calon suami saya, yaitu memakan agar-agar putih tanpa gula.. jan Alhamdulillah cara yang calon suami saya lakukan itu berhasil untuk mengobati radang tenggorokan saya yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari...

caranya cukup mudah, saya memasak agar-agar putih atau tak berwarna dengan air secukupnya aduk-aduk (pokoknya seperti membuat agar-agar biasa) cuma tidak memakai gula..setelah dingin saya makan dengan lahap.. wah enak sekali, dan kemudian beberapa jam, tenggorokan saya sudah lebih baik lagi 

Tidak ada komentar: