Minggu, 10 April 2011

Tembakau

Ga ada kerjaan di kantor, iseng-iseng baca buku tentang tembakau. lalu dibuat rangkuman.. Biar waktu luang, tetep dapat ilmu bermanfaat ^_^

Tembakau diperbanyak dengan menyemai bijinya. setelah biji disemai di pesemaian, calon pohon tembakau dipindahkan ke bedengan ketika berusia 38-45 hari. Musim tanamnya tergantung spesiesnya.

Tembakau virginia ditanam pada akhir musim hujan dan dipanen pada musim hujan pula. Tembakau untuk cerutu ditanam pada musim kemarau, dan dipanen setelah musim hujan. Temabkau biasa tumbuh pada tanah campuran, antara tanah liat dan pasir, dengan kadar humus yang tinggi dan cukup air. Bila usianya telah mencapai 90 - 100 hari. sesudah daun terbawahnya mulai kuning, itulah saatnya panen.
post">
Bahaya tembakau

Daun tembakau yang batangnya dapat mencapai tinggi dua meter, mengandung alkaloid beracun : nikotin, nikotinin, nikotein dan nikotelin. Gejala utama keracunannya berupa diare, muntah-muntah, kejang-kejang dan sesak nafas. Akibat sampingan mengisap asapnya, yakni merokok berupa batuk kering, asma dan sukar tidur.

Manfaat tembakau

Air tembakau, dapat dipakai untuk membersihkan luka yang kotor dan borok yang membusuk dan berulat.


Getah daunnya bisa dipakai untuk membersihkan kotoran pad aluka bernanah atau sebagai racun yang dioleskan pada senjata tajam.
Daun tembakau dapat juga digunakan sebagai tapal pada bisul, atau mengobati orang yang perutnya mulas. Rebusan daun keringnya berkhasiat sebagai obat cacing.

Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa tembakau dapat menghasilkan protein anti kanker yang berguna bagi penderita kanker

Tidak ada komentar: