Minggu, 24 April 2011

Bagaimana mencari kawan dan mempengaruhi orang lain

How to win friends and influence people. Dale Carnigie, Jakarta Barat : Binarupa Aksara

Teknik-teknik mendasar dalam menangani manusia
Bab I
"Kalau Anda ingin mengumpulkan madu, jangan tendang sarang lebahnya

Orang tidak mengkritik dirinya sendiri sama sekali, tidak peduli betapa salahnya atas apa yang sudah dilakukannya.

Kritik adalah hal yang sia-sia karena menempatkan seseorang dalam posisi defensif dan biasanya membuat orang itu berusaha mempertahankan dirinya.

Kritik itu berbahaya, karena melukai rasa kebanggaan seseorang, melukai perasaan pentingnya dan membangkitkan rasa benci.

Rasa benci yang ditimbulkan oleh kritik dapat menurunkan semangat kerja para pegawai, anggota keluarga dan kawan-kawan dan tetap tidak memperbaiki situasi yang sudah dikritik.

Dengan mengkritik, kita tidak membuat perubahan yang langgeng dan sering malah menimbulkan rasa benci.

Jangan menghakimi, maka anda tidak dihakimi.

Prinsip pertama : jangan mengkritik, mencerca atau mengeluh


Bab Dua
Rahasia Besar dalam Berurusan dengan Manusia

Hal yang paling diinginkan oleh manusia adalah termasuk :
1. Kesehatan
2. Makanan
3. Tidur
4. uang atau benda-benda yang dapat dibeli dengan uang
5. Kehidupan di alam baka
6. Kepuasan seksual
7. Kesejahteraan anak-anak kita
8. Kebanggaan sebagai orang penting

Prinsip paling dalam pada sifat dasar manusia adalah kebutuhan untuk dihargai penghargaan yang tulus mampu mengubah kehidupan.

Usahakan meninggalkan jejak ramah dari rasa penghargaan kecil dalam perjalanan Anda sehari-hari.

Prinsip 2 Berikan Penghargaan yang jujur dan Tulus



Bab III

Dia yang mampu melakukannya akan memiliki seluruh dunia bersamanya. Dia yang tidak bisa, akan berjalan dalam jalan yang sepi.

jadi satu-satunya cara di bumi ini untuk mempengaruhi orang lain adalah berbicara tentang apa yang mereka inginkan dan tunjukkan kepada mereka bagaimana memperolehnya.

Pertama, bangkitkan hasrat orang lain.
"Orang yang bisa meletakkan diri pada tempat orang lain, yang bisa mengerti cara berpikir mereka tidak perlu khawatir tentang masa depannya"

Pertama, bangkitkan keinginan dalam diri orang lain. Dia yang bisa melakukan hal ini, memiliki dunia bersamanya. Dia yang tidak bisa, akan berjalan di jalan yang sepi

"Ekspresi diri adalah kebutuhan doniman dari sifat dasar manusia"
Prinsip 3 : bangkitkan minat dalam diri orang lain.


Bagian Dua
Enam Cara untuk membuat orang lain mneyukai Anda

Bab I
Lakukan ini dan anda akan disambut hangat dimana saja.

Kalau kita ingin berkawan, biarkan diri kita melakukan sesuatu untuk orang lain

Prinsip I
bersungguh-sungguhlah menaruh minat pada ornag lain

Bab II
Cara sederhana untuk membuat kesan pertama yang baik

Orang yang tersenyum cenderung mampu mengatasi, mengajar dan menjual dengan lebih efektif dan membesarkan anak-anak yang lebih bahagia.

Kebahagian tergantung pada kondisi-kondisi dari dalam
Lestarikan sifat mental yang benar, sikap bersemangat, terus terang dan kegembiraan yang baik

Prinsip 2
Tersenyumlah

Bab Tiga
Kalau Anda tidak melakukan ini, Anda akan menuju ke jalan kesulitan

Ingatlah nama lengkapnya beserta beberapa fakta tentang keluarganya, bisnis dan opini politiknya. Panggiilah dengan sikap bersahabat, dan anda sudah memberikan pujian dengan sangat efektif.

Kebanyakan orang tidak mau mengingat nama karena alasan sederhana yaitu mereka tidak meluangkan waktu dan energi yang perlu untuk berkonsentrasi dan mengulangkannya, kemudian mengingat nama-nama itu lekat-lekat dalam pikiran mereka.

Prinsip 3
Ingat bahwa nama seseorang bagi orang bersangkutan merupakan suara yang paling manis dan terpenting dalam bahasa apapun.

Bab Empat
Cara mudah untuk menjadi pembicara yang baik

Perhatian penuh terhadap orang yang sedang berbicara pada anda, itu sangat penting. Tidak ada hal lain yang sangat menyanjung.

Mendengar sama pentingnya untuk kehidupan rumah tangga dan dunia bisnis.

Seorang pendengar yang ramah dan simpati, dengan siapa dia bisa membuka dirinya. Ternyata itulah semua yang kita inginkan tatkala dalam kesulitan.

Maka, bila anda ingin menjadi pembicara yang baik, jadilah pendengar yang penuh perhatian.

Untuk menjadi menarik, tertariklah pada orang lain.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang orang lain akan senang menjawabnya.

Beri semangat mereka agar bicara tentang diri mereka sendiri dan hasil sukses mereka.

Prinsip 4
Jadilah pendengar yang baik. Dorong orang lain untuk bicara tentang diri mereka.

Bab 5
Bagaimana menarik minat orang lain

Prinsip 5
Bicaralah mengenai minat orang lain

Bab Enam
Bagiamana membuat orang lain segera menyukai anda

Hukum : Selalu buat orang lain merasa dirinya penting

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu. perbuatlah demikian juga pada mereka.

Tulus dalam penerimaan dan murah hati dalam memberi penghargaan

Prinsip 6
Buat orang lain merasa penting dan lakukan itu dengan tulus.

Bagian Tiga
Bagaimana memikat orang lain mengikuti cara berpikir Anda

Bab satu
Anda tidak bisa menang dalam sebuah debat

Hindari argumen seperti anda menghindari ular dan gempa bumi.

Kalau Anda mendebat dan bersikeras dan menentang, ANda kadang-kadang merasa akan mendapat kemenangan : tapi itu adalah kemenangan kosong karena anda tidak akan memperoleh kehendak baik lawan anda.

Saran "Bits and pieces" mengenai cara mencegah rasa tidak setuju agar menimbulkan perdebatan.
1. sambut baik rasa tidak setuju itu.
2. Jangan percaya pada kesan pertama naluri anda
3. Kendalikan kemarahan anda
4. Cari bidang-bidang kesepakatan
5. Jujurlah
6. berjanjilah untuk memikirkan ide-ide lawan anda dan pelajari ide-ide itu dengan seksama dan lakukanlah sungguh-sungguh
7. Berterimakasihlah pada lawan anda dengan tulus untuk minat-minat mereka.
8. Jangan terburu-buru bertindak, beri waktu kepada kedua pihak untuk memikirkan masalahnya.

Prinsip 1
Satu-satunya cara memperoleh manfaat sepenuhnya dari perdebatan adalah menghindarinya.

Bab dua
Cara pasti untuk menambah musuh dan bagaimana menghindarinya.

Jangan pernah memulai dengan mengatakan "saya akan buktikan sesuatu pada anda". Cara itu sungguh buruk. Itu sama saja mengatakan saya lebih pintar dari anda. Saya akan sampaikan pada anda satu atau dua hal, dan membuat anda mengubah pikiran anda.

Anda tidak akan pernah mendapat kesulitan, kalau anda mau mengungkapkan anda mungkin salah. Cara itu akan menghentikan semua perdebatan dan mengilhami lawan anda untuk menjadi sama adil, terbuka dan berpikrian luas seperti anda. ini akan membuatnya ingin juga mengakui bahwa dia mungkin juga salah.

Semakin rendah hati saya mengajukan pendapat saya, semakin mereka dapat menerima dengan lebih siap dan lebih sedikit kontradiksi yang terjadi, saya mendapat lebih sedikitr rasa malu, ketika saya yang berada dalam posisi salah dan saya lebih mudah membujuk orang lain agar mengalah atas kesalahan mereka, lalu bergabung dengan saya kebetulan berada dalam posisi yang benar.

Saya sekarang yakin bahwa tak ada suatu pencapaian bagus apapun, dan sebaliknya akan banyak bencana dapat terjadi apabila anda mengatakan secara langsung bahwa orang itu salah. Anda hanya akan berhasil melucuti martabat orang tersebut, dan menjadikan diri anda sendiri sebagai orang yang tidak disambut dalam diskusi manapun.

Jangan berdebat dengan pelanggan anda atau pasangan anda atau musuh anda. Jangan sampaikan pada mereka bahwa mereka salah, jangan membuat mereka naik darah. Gunakan sedikit diplomasi.

Prinsip 2
Tunjukkan penghargaan terhadap pendapat orang lain. Jangan pernah berkata :" Anda salah"

Bab Tiga
Kalau anda salah akuilah

Dengan berkelahi anda tidak pernah merasa cukup, namun dengan mengalah anda memperoleh lebih dari yang anda harapkan

Prinsip 3
Kalau anda salah, akuilah dengan segera dan dengan simpatik

Bab 4
Setetes madu

Ramha, simpatik dan menghargai menghasilkan kemenangan
keramahan dan kelembutan selalu lebih kuat dari kekuatan dan kemarahan

"Setetes madu menangkap lebih banyak lalat daripada segalon empedu"

Prinsip 4
Mulailah dengan cara yang ramah

Bab 5
Rahasia Socrates

Dalam berbicara dengan orang lain, jangan memulainya dengna membahas hal-hal dimnaa anda berbeda. Mulailah dengna menekankan dan teruslah menekankan hal-hal dimana Anda setuju dengannya.

Usaha orang tersebut mengatakan ya. Usahakan agar dia kalau mungkin, tidak berkata "tidak"

"Dia yang menapak dengan lembut, akan menemputh jarak lebih jauh"

Prinsip 5
Buatlah orang lain mengatakan "ya, ya" segera

Bab enam
Katup pengaman dalam menangani keluhan

La Rochefoucauld, kalau anda menginginkan musuh, ungguli kawan-kawan adan ; namun kalau anda ingin punya kawan, biarkan kawan anda mengungguli anda"

Prinsip 6
Biarkan orang lain yang lebih banyak berbicara

Bab 7
Bagaimana memperoleh kerjasama

"Bila berharap untuk berada di atas orang-orang, dia mengambil posisi di bawah mereka : bila berharap untuk berada di depan mereka, dia menempatkan diri di belakang mereka. Jadi, meskipun tempatnya ada di atas orang-orang itu mereka tidak merasakan beratnya; meskipun tempatnya berada di depan mereka, mereka tidak menganggapnya suatu kerugian.

Prinsip 7
Biarkan orang lain merasa ide itu merupakan idenya

Bab 8
Formula yang berhasil cemerlang untuk anda

"Cobalah dengan jujur untuk menempatkan diri nada dalam posisinya. Sukses dalam berurusan dengan orang lain tergantung pada perhatian simpatik terhadap pendapat orang lain"

"Sukses dalam berurusan dengan orang lain tergantung pada perhatian simpatik terhadap pendapat orang lain"

Kerjasama dalam percakapan dapat tercapai apabila anda menunjukkan bahwa anda menganggap ide dan perasaan orang lain sama pentingnya seperti milik Anda. Memulai percakapan Anda dengan memberi lawan bicara tujuan dan arah percakapan Anda, menentukan apa yang hendak anda katakan berdasarkan apa yang ingin Anda dengarkan. Kalau anda sebagai pendengar, kemudian menerima pandangannya akan mendorong pendengar untuk berpikiran terbuka terhadap ide-ide anda. Mengapa anda tidak berhenti sebentar dan coba pikiran seluruh masalahnya dari sudut pandang orang lain.

Bab 9
Apa yang diinginkan setiap orang


Tiga perempat dari manusia yang akan percaya anda jumpai merasa lapar dan haus akan simpati. Berikan itu pada mereka, dan mereka akan mencintai Anda.

Prinsip 9
Bersimpatilah dengan ide dan hasrat ornag lain.

Bab 10
Imbauan ynag semua orang suka

Orang biasanya mempunyai dua alasan saat melakukan satu hal : satu yang kedengaran baik dan satu yang nyata

Prinsip 10
Imbauan motif-motif yang lebih mulia

Bab 11
Film-film melakukannya, TV juga. Mengapa anda tidak ikut melakukannya

Kebenaran itu harus dibuat jelas, menarik, dramatis.

Prinsip 11
Dramatisirlah ide-ide Anda

Bab 12
Apabila semua yang lain tidak berhasil coba cara ini.

Cara untuk mendapatkan segala sesuatu dikerjakan dengan baik adalah dengan menstimulasi kompetisi.

Semua orang mempunyai rasa takut, namun mereka yang berani menyisihkan rasa takut mereka dan tetap bergerak maju, kadang-kadang sampai mati, namun selalu mendapat kemenangan.

Prinsip 12
Lemparkan tantangan

Bagian Empat
Jadilah pemimpin : bagaimana mengubah orang lain tanpa menyinggung atau membangkitkan kemarahan

Bab I
Kalau anda harus mencari kesalahan inilah cara untuk memulainya

Prinsip I
Mulailah dengan pujian dan penghargaan yang jujur

Bab 2
Bagaimana mengkritik- namun tidak dibenci karena itu gantilah kata kritik dengan kata dan bukan kata tetapi.

Prinsip 2
Beritahukan kesalahan ornag lain secara tidak langsung

Bab 3
Bicarakan kesalahan anda lebih dulu

Dengan menerima kesalahan sendiri bahkan tatkala seseorang belum mengoreksinya dapat membantu meyakinkan seseorang untuk mengubah tingkah lakunya.

Prinsip 3
Bicarakan kesalahan Anda sendiri sebelum mengkritik ornag lain.

Bab Empat
Tak seorang pun yang suka diperintah

Dengan cara mengajukan pertanyaan bukan hanya membuat sebuah perintah kedengaran lebih menyenangkan ; cara itu seringkali mendorong kreativitas orang-orang yang anda tanya. Orang akan lebih suka menerima perintah kalau mereka ikut ambil bagian dalam membuat keputusan yang menyebabkan perintah itu dikeluarkan.

Prinsip 4
Ajukan pertanyaan, bukan memberi perintah langsung

Bab 5
Beri kesempatan orang lain untuk menyelamatkan muka

Biarkan orang menyelamatkan muka ! Betapa pentingnya hal itu ! Dan betapa sedikit dari kita yang pernah berhenti untuk memikirkannya. Kita terus saja menabrak perasaan-perasaan orang lain, menggunakan cara kita sendiri, menemukan kesalahan ornag lain, memberi ancaman, mengkritik seorang anak atau seorang pegawai di depan orang lain, bahkan tanpa menimbang rasa terluka pada kebanggaan orang lain. padahal dengan beberapa menit saja untuk berpikir, satu atau dua kata bijaksana, satu pegnertian murni atas sikap orang lain, akan memberi hasil jauh lebih besar untuk meredakan rasa sakit hati.

Melukai martabat seseorang adalah kejahatan.

Prinsip 5
Biarkan orang lain menyelamatkan muka

Bab 6
Bagaimana memacu orang lain menuju sukses

Pujian itu ibaratnya sinar mentari yang menghangati semangat. Kita tidak bisa berkembang dan tumbuh tanpa pujian.

Prinsip 6
Pujilah peningkatan sekecil apapun, dan pujilah setiap perbaikan. jadikan tulus dalam penerimaan anda dan murha hati dalam pujian anda.

Bab 7
beri orang lain reputasi yang baik untuk dipenuhi olehnya.

Bab 8
Buat kesalahan kelihatan mudah diperbaiki

Murah hatilah dengan dorongan anda, jadikan hal itu kelihatan mudah dikerjakan, biarkan orang lain tahu bahwa anda memiliki kepercayaan bahwa dia mampu untuk melakukan hal itu, bahwa dia memiliki bakat yang belum dikembangkan untuk keterampilan itu- kemudian lihatlah, dia akan berlatih sampai fajar muncul di jendela agar dapat menjadi unggul

Prinsip 8
Gunakan dorongan. Buatlah kesalahan kelihatan mudah diperbaiki

Bab sembilan
Membuat orang lain senang mengerjakan apa yang anda inginkan

Kolonel House yang biajksana dan banyak pengalaman dalam masalah dunia, mengikuti salah satu aturan penting dalam hubungan manusia yaitu selalu membuat orang lain senang mengerjakan hal yang anda sarankan.

Pemimpin yang efektif seharusnya mengingat petunjuk-petunjuk berikut ini ketika mereka perlu mengubah sikap atau tingkah laku :
1. Bersikaplah tulus. jangan janjikan apapun yang tidak bisa anda tepati
2. Ketahuilah dengan tepat apa sesungguhnya yang anda ingin agar orang lain kerjakan
3. Bersifatlah empatik. Tanyakan diri anda apa yang sungguh-sungguh diinginkan orang lain.
4. Pertimbangkan keuntungan yang akan diterima orang lain dari mengerjakan apa yang anda sarankan.
5. Cocokkan keuntungan tersebut dengan keinginan orang lain itu
6. Ketika anda mengajukan permintaan anda, usahakan itu dalam bentuk yang akan menimbulkan ide bahwa dia sendiri akan memperoleh manfaat.

prinsip 9
Buat orang lain senang mengerjakan hal yang anda sarankan




Tidak ada komentar: