Senin, 11 April 2011

Rokok

Kandungan Rokok

Menurut Ilmu kedokteran, rokok mengandung lebih kurang 4.000 bahan kimia, diantaranya nikotin, tar, karbon monoksida dan hidrogen sianida.

Nikotin dijumpai secara alami di dalam batang dan daun tembakau yang mengandung nikotin paling tinggi, atau sebanyak 5 % dari berat tembakau. Nikotin merupakan racun saraf manjur dan digunakan sebagai racun serangga. Pada suhu rendah, bahan ini bertindak sebagai perangsang atau dapat merangsang dan meningkatkan aktivitas kewaspadaan atau refleksi, kecerdasan serta daya ingat.

Namun disisi lain, nikotin adalah racun yang dapat menangkal dan menghilangkan pengaruh berbagai macam obat, misalnya antibiotik yang digunakan sebagai obat penangkal terhadap kuman, kadang antibiotik tersebut gagal memberi kesan yang diharapkan disebabkan oleh nikotin.


Penyakit yang diakibatkan oleh Rokok :

1. Mata, perokok berisiko tiga kali lebih tinggi menderita katarak yang menyebabkan kebutaan

2. Mulut, tenggorokan, pita suara, dan esofagus; mengakibatkan kanker mulut, tenggorokan, pita suara dan esofagus. juga penyakit gusi,pilek dan kerongkongan kering

3. Gigi : perokok berisiko 10 kali lebih tinggi menderita periodontitis (gusi terbakar yang mengarah ke infeksi) yang akan merusak jaringan halus dan tulang.

4. Paru-paru : wanita perokok 13 kali lebih besar kemungkinan terkena kanker paru-paru, sedangkan pria 23 kali lebih besar. Akibat lain /: pneumonia, bronkitis, asma, batuk kronis dan bengek.

5. Jantung : gagal jantung, serangan jantung, hipertensi, stroke.

6. Perut : kanker perut dan kanker lambung

6. Ginjal : kanker ginjal

7. Pankreas : kanker pankreas

8. Kantung kemih : Kanker kantung kemih

9. Leher rahim : kanker leher rahim

10. Kehamilan : kemandulan, bayi lahir prematur, bobot kurang, keguguran.

11. tulang : tulang rapuh

12. Darah : leukimia, atau kanker darah


Ayo teman-teman yang merokok, kurangilah merokok demi investasi anda untuk keluarga tercinta. Teman-teman yang gak merokok jangan penasaran ya sama rokok ^_^ semangat

Tidak ada komentar: