Senin, 27 Juni 2011

Analisis Persepsi Pasien Partikulir Tentang Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Loyalitas di Ruang Rawat Inap RS. Islam Malayahati Medan Tahun 2007”.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan analitik. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara secara langsung dengan pedoman kuesioner. Teknis analisis menggunakan Uji Korelasi Spearman dengan nilai α = 0,05 dan analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa seluruh variabel kualitas pelayanan assurance p = 0,002; reliability p = 0,017; responsiveness p = 0,000; tangibles p = 0,000; emphaty p = 0,000, menunjukkan hubungan yang signifikan dengan variabel tingkat loyalitas, sedangkan variabel yang paling besar memiliki hubungan adalah variabel emphaty dengan nilai correction coefficient = 0,551, berdasarkan hasil uji regresi linier berganda dapat dilihat bahwa variabel assurance, reliability, responsiveness, dan emphaty secra bersamaan berpengaruh terhadap tingkat loyalitas pasien sebesar 54,2% atau r = 0,542 (p < 0,05) dengan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat loyalitas pasien adalah variabel emphaty.



Tidak ada komentar: